Pasar Bringharjo Destinasi Wisata Yogyakarta

Pasar Bringharjo Destinasi Wisata Yogyakarta


Jangan sampai anda melewatkan jika anda berkunjung ke Jogjakarta untuk datang mengunjungi pasar tradisional bringharjo. pasar tradisional ini selalu ramai karena, pasar ini menjual berbagai macam produk.  produk yang dijual mulai dari kain korden, kain batik dan batik jadi, jajanan pasar, sepatu dan sandal, pakaian anak dan dewasa, pernak - pernik, tas  dan dompet, sembako, perlengkapan pernikahan, hijab dan masih banyak lagi. pasar bringhargjo adalah pasar yang memiliki nilai filosofi yang tinggi.

Sejarah Pasar Bringharjo

Pasar bringharjo ini berdiri setelah kraton Jogjakarta berdiri.  kemudian, pasar tradisional ini menjadi pusat transaksi ekonomi warga Jogjakarta. konon cerita awal mula pasar bringharjo ini adalah sebuah tanah lapang yang ditanami pohon beringin. dan kemudian saat didirikan pasar ini diberi nama oleh sultan hamengkubuwono VIII pada tahun 1925. nama bringharjo memiliki arti hutan pohon beringin yang diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi  warga Jogjakarta. Pasar bringharjo ini merupaka icon sekaligus destinasi utama para wisatawan. Pasar tradisional bringharjo ini adalah sebagian dari pusat perbelanjaan malioboro. Pasar bringharjo ini termasuk pasar tertua dan terbesar di jogjakarta. Pasar yang menyediakan segala kebutuhan ini merupakan pasar yang terindah bagi wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Mereka rela berdesak – desakan demi untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Pusat Batik dan Kerajinan di Pasar Bringharjo


Di pasar ini anda bisa berbelanja dengan sepuasnya. Pasar bringharjo ini tempat terlengkap bagi anda yang ingin belanja batik. Batik di pasar ini terdapat pada los pintu masuk pasar. Anda bisa melihat mulai dari kain batik hingga batik yang sudah disulap menjadi pakaian. Selain pakaian dan kain ada juga seprei, korden, dan juga selimut tebal motif batik. Dan untuk jenis kainnya mulai dari batik katun hingga batik sutra. Harganyapun bervariasi mulai dari Rp. 25.000,- hingga Rp. 500.000,- untuk pakaian batik tergantung jenis bahannya. Dan untuk harga seprei, selimut dan korden harga mulai dari Rp. 75.000,- hingga Rp 500.000,- untuk jenis ini tergantung dari ukurannya. Di los batik ini anda juga bisa menemukan blangkon dan juga sarung tenun. Bagaimana awal perjalanan anda? Cukup terpukau bukan ? beralih dari los batik anda bisa berjalan menyusuri lebih ke dalam pasar. Anda bisa menemukan los sepatu dan sandal. Los ini sangat ramai juga dikunjung wisatawan atau bahkan para mahasiswa yang menimba ilmu dikota gudeg ini. Sepatu dan sandalnyapun bermacam – macam model. Untuk laki – laki ataupun untuk perempuan. Untuk anak – anak hingga orang dewasa. Harga sepatu dan sandal ini bervariasi tergantung dari model yang dipilih. Di pasar bringharjo ini kita bisa menawar lebih murah dari harga yang ditawarkan penjual lho. Harga sepatu di pasar ini mulai dari Rp.50.000 – 300.000,- . sedangkan untuk harga sandal mulai dari Rp. 15.000 hingga 150.000 wah cukup murah bukan. Berpuas hati menyusuri los sepatu dan sandal ayo mari beralih ke los – los berikutnya. Ada 2 buah anak tangga yang bisa membawa anda ke lantai 2 pasar tradisional ini. Di lantai 2 anda bisa mendapati los pakaian anak – anak hingga pakaian dewasa. Pernak – pernik, hijab dan juga food cornt tempat bagi anda yang ingin bersantai sejenak melepasakan lelah berkeliling sambil menikmati makanan yang dijual disana. Tak berlama – lama berkeliling dilantai dua. Alangkah baiknya jika anda bergegas menuju bangunan kedua dari pasar tradisional ini. Diperbatasan gedung anda akan dipertemukan dengan keramaian – keramaian tukang parkir yang menyerukan peluit bercampur dengan riuhnya suara pedagang menjajakan dagangannya. Pada akhir gedung pertama anda akan menjumpai pedagang oleh – oleh khas jogjakarta. Ada bermacam – macam yang dijualnya mulai dari panganan bakpia, yangko, geplak, camilan belut goreng, lanting hingga buah salak. Sangat lengkap bukan. Jangan heran jika anda melihat para wisatawan sangat kuwalahan membawa belanjaannya. Dengan menyusuri pasar ini semua mata akan tertuju pada apa yang menarik perhatian wisatawan. Dan jika mereka mendapatkan harga yang lebih murah tak mengherankan jika para wisatawan memborong berbagai macam barang.

Aneka Kebutuhan Pernikahan dan Seserahan di Pasar Bringharjo


Tak berhenti pada gedung utama saja masih ada gedung kedua yang belum anda telusuri dan perjalanan anda belum berakhir. Bagi anda yang akan melepas masa lajang anda. Tak salah jika anda mencari kebutuhan pernikahan anda di pasar ini, pasar ini juga menyediakan berbagi perlengkapan pernikahan. Mulai dari pakaian, perlengkapan seserahan hingga souvenir pernikahan yang bisa anda pilih disini. Berbagai macam souvenir dijual disini. Ada lilin berbentuk bunga, kerajinan batik, gelas skoci, sapu tangan, handuk dan masih banyak lagi. Harga souvenir dipasar tradisional ini. Tergantung dari isi dan kemasan souvenir yang pilih. Harganya juga bervariasi mulai dari Rp. 125.000,-/100 buah  hingga Rp. 250.000,-/100 buah. setelah los perlengkapan pernikahan. Anda bisa menemukan los khusu sembako. Bagi anda para ibu – ibu bisa menemukan segala bahan pangan dan kebutuhan dapur anda disini.  Mulai dari Berbagai jenis kacang – kacangan : kacang hijua, kacang tanah, kacang merah, kacang mede, selain kacang juga ada berbagai jenis biji kopi asli. kebutuhan dapur ibupun  juga dijual lengkap disini seperti jahe, lengkuas, bawang putih, bawang merah, cabe rawit hijau, cabe rawit keriting dan cabe rawit merah ( lombok setan), kemiri, dll. Berbagai jenis kerupuk juga disediakan disini. Ada emping mlinjo, krupuk udang, krupuk rantang dan juga krupuk gendar. Setelah lama berkeliling disetiap bagian sudut pasar, jangan sampai anda lewatkan bagian pasar yang satu ini. Pasar bagian utara ini ada kampung yang terkenal dan kampung itu dikenal dengan kampung pecinan. Dibagian pasar ini anda bisa menemukan berbagai barang antik dan barang lawas yang dijual seperti kaset – kaset era musisi 50an, 80an dan juga anda bisa menemukan barang antik berupa logam – logam beraneka bentuk yang pernah digunakan pada masa tahun 30an yang lalu.
Rasanya tak ingin meninggalakan bangunan yang mengesankan ini. disekitar pasar bringharjo anda juga bisa menemukan berbagai macam oleh – oleh dan juga kuliner jogjakarta. Tak terasa pasar sudah akan tutup. Pasar tradisional ini buka mulai pukul 10 pagi hingga 5 sore. Jangan pernah melupakan pengalaman anda akan kota yang penuh dengan sejarah ini. Selamat berwisata untuk semua.

By : Juwita

Previous
Next Post »
Thanks for your comment