Makanan Khas Magelang

Makanan Khas Magelang

Magelang merupakan sebuah kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Meskipun sebuah kota kecil, Magelang juga memiliki banyak ikon wisata yang tak kalah menarik dibanding kota-kota lain yang berada di Indonesia. Selaian ikon wisata yang dimiliki Magelang, tak kalah sensasionalnya adalah jajanan kota pun sangat mendukung wisata kuliner di Magelang dengan membentuk beberapa sentra kuliner seperti Kuliner Sigaluh, Kuliner Tuin van Java, dan pusat kuliner lainnya. Mengejutkan memang, bagaimana bisa kota yang terbilang tidak terlalu besar ini mempunyai nuansa kuliner yang begitu meriah, bahkan bisa jadi lebih meriah dibanding kota-kota besar yang lebih populer lainnya . Ada satu lagi yang menjadi nilai plus kuliner di Magelang dan wilayah Jawa Tengah lainnya adalah harganya yang tidak masuk akal, murahnya. Kita bahas satu per satu yuk kuliner dan tempat makan recommended di Magelang yang wajib kalian ketahui.

Kupat Tahu Magelang

kupat tahu Kuliner di Magelang

Kali ini menu utama yang tak asing ditelinga kita yaitu makanan khas Magelang yang paling terkenal seantero nusantara yaitu Kupat Tahu Magelang. Bahan bakunya adalah ketupat seperti namanya.Warung yang terkenal menjual Kupat Tahu Magelang adalah Warung Pojok, Warung Pak Slamet, dan Warung Pak Pangat. Bisa kalian tebak kan  apa saja bahan dasar Kupat Tahu Magelang?. Kupat Tahu Magelang tentu saja terbuat dari irisan tahu dan ketupat. Kemudian, irisan tersebut dituang kuah khas yang terbuat dari kecap bercampur rempah-rempah, telur, seledri, tauge plus taburan kacang goreng. Kalau kalian membayangkannya saja sudah ngiler, berarti kalian masih punya selera kuliner yang T.O.P. Makanan yang satu ini termasuk makanan wajib yang sangat recommended untuk kalian cicipi.

Wedang Kacang

wedang kacang Kuliner di Magelang

Kali ini yang akan kita bahas adalah wedang kacang. Minuman ini adalah minuman khas Magelang/Solo/Jawa Tengah yang sangat menarik perhatian. Semangkuk Wedang Kacang biasanya terdiri dari kuah jahe, kacang, dan ketan. Salah satu racikan Wedang Kacang yang bakal bikin kalian ketagihan adalah Wedang Kacang. Mengapa? Air jahenya tidak sebegitu kuat seperti Wedang Ronde, kacang tanahnya sangat empuk yang bikin kamu tak percaya bahwa itu adalah kacang tanah, dan entah ramuan apalagi yang dicampurkan ke dalam minuman ini sehingga tampak agak kental. Entah Susu, Krim, ataukah  Santan saya juga tidak tahu hehehe. Yang jelas sangat nikmat untuk dinikmati di Magelang yang hawanya cukup sejuk.
Tempat recommended yang bisa kalian kunjungi untuk menikmati wedang kacang ini adalah W arung Wedang Kacang Kebon sendiri mempunyai ukuran yang sangat mungil di Jalan Pajang (Titik koordinat -7.480061, 110.218130). Ukuran warung ini memang tidak sebanding dengan jumlah pengunjung yang selalu membludak. Wedang ronde di sini juga nikmat lho, sensasi bola-bola rondenya meledak di dalam mulut ketika digigit. Selain wedang kacang dan wedang ronde, ada camilan yang endeus banget di warung ini: Sate pisang  dan tahu isi berukuran raksasa. Pasti penasaran kan? Yuk segera sempatkan waktu luangmu untuk menikmati dahsyatnya rasa wedang kacang khas Magelang ini.

Sop Snerek

sop senerek kuliner khas magelang

Di Magelang banyak menu-menu unik yang bisa kalian nikmati bagi kalian penikmat kuliner. Yes, Sop Snerek yang akan kita kupas sekarang yeyeye. Sop Snerek  adalah minuman khas dari Magelang yang terbuat dari kacang merah, untuk rasa sangat istimewa karena rasanya  sangat menggiurkan. Eh, ada yang belum tahu yah apa itu Senerek ? yuhu, karena kalian banyak yang belum tau so dengan penuh cinta akan saya jelaskan ! Senerek adalah sop kacang merah, adaptasi dari menu Londo, yang aslinya berjuluk Snert atau sop kacang polong hijau. Lidah orang Jawa telah membuatnya berubah bentuk dan nama, sekaligus. Biasa ya gan karena lidah orang jawa jika mengatakan sesuatu pasti punya ciri khas tersendiri, seperti pula cara menyebut Sop Snerek ini hehehe. Untuk komposisinya yang digunakan adalah Kacang polong hijau, yang diganti kacang merah; pelafalan Snert pun, menjadi Senerek.
Warung yang terkenal snerek lumayan banyak di Magelang, namun yang sering di rekomendasikan adalah Warung Bu Atmo. Warungnya berukuran mungil di sekitar perempatan Jalan Mangkubumi dan Jalan Diponegoro (sekitar koordinat -7.476032, 110.214016). Tak menyangka memang warung kecil ini menyediakan makanan yang superlezat!

Tahu Kupat


Next yang akan kita bahas adalah Tahu Kupat. Magelang identik dengan kuliner Kupat Tahu. Berbeda dengan menu serupa yang dapat dijumpai di daerah lain, Kupat Tahu Magelang berkuah encer, dengan rasa manis yang tidak mencolok dan ulekan kacang yang tidak terlalu halus alias kasar-kasar menggoda heheh.
Tahu kupat Pelopor ini terdiri dari susunan irisan kupat, potongan tahu yang digoreng setengah matang, suwiran bakwan, taburan kubis, tauge dan bawang goreng, yang kemudian disiram kuah kacang. Jangan tanya tentang rasa, Rasa gurihnya akan mendominasi indera perasa kalian, apalagi tingkat kematangan sayurannya pun pas, jadi masih kriuk-kriuk gitu gan.
 Tempat recommended yang menjual Tahu Kupat Pelopor yang bisa kalian kunjungi  ialah Warung Kupat Tahu Pelopor, yang terletak di Jl. Raya Yogya – Magelang, Blabak, lokasinya tidak jauh dengan pertigaan menuju Gardu Pandang Ketep. Kabarnya sih, Kupat Tahu Pelopor ini sudah ada sejak tahun 1963. Wah, legenda banget ya so jangan ragu lagi untuk singgah di warung kupat  tahu pelopor jika kalian sedang traveling di Magelang.

Es Murni

es murni kuliner khas magelang

Siang-siang minum apa yang seger, yah sudah pasti menu es menjadi pilihan semua orang. Meskipun Magelang udaranya sejuk, namun di siang hari tetap saja panas ya gays. Minum es di siang hari sangat cocok bahkan di Kota yang sejuk seperti Magelang ini. Es Murni merupakan salah satu warung es di Magelang yang usianya sudah cukup tua. Warung es ini sudah cukup dikenal dengan baik karena sudah berdiri sejak lama. Ada berbagai macam jenis es yang bisa Anda pesan disini diantaranya adalah es burjo alias es bubur kacang ijo, es duren dan es teler. Warung es ini setiap hari ramai dipenuhi pengunjung karena menu esnya yang segar dan manis. Selain es, ada juga berbagai varian menu makanan yang ditawarkan bisa dimakan bersama dengan es yang Anda pesan. Yummy bikin ngiler ajah ya gan. Langsung saja buat kalian yang sedang mengunjungi kota Magelang untuk menikmati sensasi segarnya Es murni yang satu ini.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment