Masakan Khas Jawa Paling Enak

Masakan Khas Jawa

Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi surga wisata bagi wisatawan mancanegara dari berbagai penjuru dunia.  salah satu yang menarik dari indonesia bagi para wisatawan asing  tersebut antara lain karena keindahan alam, dan keanekaragaman adat istiadatnya. Ditambah lagi dengan kekayaan makanan khas yang sangat enak dan lezat. Hal ini lah yang menambah pesona negeri yang juga terkenal dengan sebutan jamrud khatulistiwa. Disamping dari destinasi wisatanya, Indonesia juga memiliki keanekaragaman makanan khas yang luar biasa.

Kelezatan olahan rempah-rempah yang kaya inilah yang menjadikan negara kita tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan asing yang penasaran dengan pesona alam dan budaya Inonesia ataupun yang kangen dan ingin berkunjung lagi ke Indonesia.

Salah satu daerah yang memiliki kuliner yang sangat lezat dan enak ini adalah kuliner dari daerah Jawa. Masakan Jawa kali ini adalah masakan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, karena Jawa Barat memiliki kekhasan tersendiri, yaitu masakan sunda. Untuk jenis masakan sunda, tidak kita ulas kali ini, karena sekarang kita akan mengulas sedikit dari masakan Jawa yang asyik nikmati pada musim dingin. Kira-kira masakan apa saja ya?! Pilihan masakan pedas, hangat atau yang berkuah, rasanya menjadi pilihan yang pas untuk dinikmati disaat musim hujan. Oke, kita akan bahas satu per satu ya.

Bakso Malang

bakso malang kuliner khas jawa

Bakso Malang, dari namanya saja sudah apat iketahui kalau dibakso ini berasal dari kota dingin, Malang. Maka tak heran kalau makanan yang satu ini adalah makanan yang paling pas disantap di musim penghujan seperti sekarang ini.

Untuk menikmati bakso Malang ini pun tak perlu jauh-jauh pergi ke Malang, karena di berbagai daerah di Indonesia pun sudah banyak yang menjajakan bakso Malang ini.  Selain kuah hangatnya yang mampu mengusir hawa dingin yang menerpa kulit, bulatan bola-bola daging yang menggoyang lidah juga memberi sensasi kelezatan tersendiri ketika menikmati bakso Malang.  Apalagi ditambah dengan pangsit yang menjai ciri khas bakso Malang, teksturnya yang kering memberi sensasi kriuk yang pas dan layak menjadi teman anda menikmati hari hujan kali ini.


Soto Lamongan

soto lamongan makanan khas jawa paling enak

Soto lamongan adalah masakan khas dari kota Lamongan.  Masakan berkuah ini juga sudah
Banyak jajakan tidak hanya di daerah lamongan saja, melainkan sudah menyebar luas di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Soto lamongan ini memiliki rasa yang unik dan berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di berbagai wilayah nusantara. Yang membedakan soto lamongan ini dengan soto lainnya adalah soto lamongan ini berwarna kuning dan lebih berminyak serta menggunakan beraneka ragam bumbu rempah-rempah di dalamnya.

Soto Lamongan terdiri ari suwiran daging ayam yang lengkapi dengan soun, kol, seleri, taoge, tomat yang sudah dipotong kecil-kecil kemudian di siram dengan kuah soto yang kaya akan kaldu dan rempah-rempah dan terakhir diberi taburan bawang goreng dan potongan seledri yang menambah cira rasa gurihnya. Jika ingin lebih pedas dapat ditambahkan sambal. Untuk melengkapi hiangan soto lamongan ini dapat dilengkapi dengan nasi atau lontong. Dan paling sedap jika dinikmati selagi masih hangat. Karena cita rasanya yang khas dan kaya akan kanungan rempah itulah maka soto Lamongan akan sangat tepat menjadi pilhan untuk menghangatkan anda.

Sate Madura

sate madura makanan kuliner khas jawa

Kuliner khas Madura ini sudah sangat terkenal hingga ke manca negara. Mantan presiden Amerika sekalipun, mengakui sangat suka makan sate. Karena sate adalah makanan yang sangat mudah penyajiannya maka tak heran jika sate banyak digemari, sehingga sangat mudah untuk menemukannya di seluruh tempat di wilayah tempat tinggal anda.

Sate madura adalah olahan yang terdiri dari irisan daging yang di iris tipis-tipis dan disusun sedemikian rupa kemudian dibakar. Daging yang sudah dibakar tadi disiram dengan saus atau bumbu yang terbuat dari bumbu kacang atau kecap yang diberi irisan tomat dan bawang merah. Untuk menambah cita rasa pedas dapat ditambah sambal di atasnya. Sate dapat juga dinikmati dengan nasi atau lontong, sesuai selera.

Brongkos Jogja

brongkos jogja masakan khas jawa
source : ceritajogja

Jogja adalah satu dari surga kuliner nusantara, salah satu masakan khas Jogja adalah Brongkos Jogja. Sayur (jangan) brongkos ini, bahan utamanya daging sapi, tahu dan kacang tolo yang imasak dengan santan dan  bumbu cabai, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, kencur dan aneka rempah yang berupa salam, serei, lengkuas dan aun jeruk purut dan daun salam. Setelah semua bumbu tersebut sudah tercampur dan sayur telah mendidih, maka sayur brongkos siap dinikmati. Sayur Brongkos ini, selain kaya akan rempah juga sangat lezat sehingga sangat layak menjadi favorit anda untuk menemani hidangan makan anda dan keluarga.


Tongseng Semarang

tongseng semarang paling enak

Tongseng aalah masakan ari Jawa Tengah, dan paling banyak dijumpai di Semarang. Masakan yang menggunakan ayam sebagai bahan utamanya ini juga merupakan masakan yang kaya akan bumbu rempah dan juga bersantan. Daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil di masak hingga empuk dalam kuah berbumbu, kemudian dimasukkan potongan sayuran pelengkapnya, berupa kol an wortel yang telah dipotong kecil-kecil. Setelah semua matang, tongseng sudah dapat dinikmati. Untuk menambah cita rasa kita dapat menambahkan perasan jeruk nipis di atasnya.Selain banyak dijumpai pada  saat ada hajatan, tongseng ini juga sangat nikmat dinikmati bersama keluarga.

Demikian adalah beberapa kuliner khas jawa yang pas untuk dinikmati di waktu musim penghujan seperti sekarang ini. Dan tentunya masih banyak lagi kuliner khas Jawa yang layak anda cicipi di musim hujan ini, karena ada banyak masakan Jawa yang pedas, berkuah dan yang dapat anda nikmati selagi masih hangat. Jadi jangan takut musim dingin ini membunuh hasrat berwisata kuliner anda ya! Selamat menikmati masakan Jawa favorit anda.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment