Oleh Oleh Khas Jogja

Oleh Oleh Khas Jogja Paling Enak 

bakpia oleh oleh khas jogja

Bakpia Pathuk

Siapa yang tak kenal dengan oleh – oleh khas jogja. oleh – oleh yang tak pernah di lewatkan bagi anda yang gemar berwisata. banyak oleh - oleh yang bisa kita borong dikota jogja ini.   ada panganan yang berbentuk bulat pipih berisi kacang hijau yang empuk dan nikmat ini membuat pelanggan setianya tak pernah lupa untuk mampir dan membelinya. apa anda tau? Nah bener banget, apalagi kalo bukan bakpia pathuk. Belum lengkap rasanya jika anda berkunjung ke kota yogyakarta ini belum mencicipi dan membeli bakpia sebagai oleh – oleh. Konon katanya bakpia bermula dari orang cina. Bakpia memiliki  nama tou luk pia pada tahun 1940 yang berarti kue pia kacang hijau. Generasi orang cina banyak yang ikut membuat bakpia.  Dahulu pada masa itu bakpia berisi daging babi. Melihat mayoritas penduduk orang muslim. Isinyapun diganti dengan kacang hijau. bakpia yang terkenal dari generasi ke generasi dan hingga kini adalah bakpia 75. Selain bakpia 75 ada juga bakpia 25 yang ikut andil dalam persaingan panganan khas jogja ini. Mengikuti perkembangan jaman bakpia semakin banyak ditekuni dikota jogja terutama masyarakat kampung pathuk sejak tahun 1948.

Banyaknya permintaan pasar kini mayoritas penduduk kampung pathuk memiliki rumah produksi bakpia sebagai mata pencaharian mereka. Mereka bekerja sama dengan para tukang becak dan andong yang berada di malioboro. Bagi mereka yang bisa membawa wisatawan domestik ataupun wisatawan mancanegara ke rumah produksinya dan membeli bakpia buatannya akan mendapatkan upah promosi dari rumah produksi tersebut. Cukup mengagumkan bukan kerjasama mereka sama – sama mendapatkan keuntungan. Sekarang ini bakpia pathuk semakin pesat dan banyak pembeli. Pengen tau jenis – jenis bakpia yang ada di jogja? Bakpia kini ada dua jenis

  • Bakpia kering
  • Bakpia basah. 

Perbedaan Bakpia Kering dan Bakpia Basah

Kini bakpia tak hanya memiliki satu varian rasa saja. Banyak macam rasa yang diproduksi saat ini.  Perbedaan bakpia basah dan kering hanya terletak pada kulitnya saja. Untuk bakpia basah setelah penggilasan kedua kulit dibentuk bulat dan dimasukkan ke dalam minyak terlebih dahulu baru diberi isian dan kemudian dipanggang. Sedangkan untuk bakpia kering penggilasan kulit hingga beberapa kali agar tekstur kulit berlapis dan saat dipanggang akan menjadi renyah.  Mengikuti perkembangan jaman pada era saat ini bakpia dikembangkan dengan berbagai macam rasa. Selain isi kumbu kacang hijau kini bakpia juga ada varian rasa kacang kumbu hita, coklat, keju dan juga durian. Anda bisa temukan panganan khas ini di setiap pusat oleh – oleh disudut kota jogja atau anda bisa kunjungi outlet terbesar dan juga merupakan kampung produksi bakpia pathuk yaitu di jalan Bhayangkara pathuk jogjakarta. Sentra bakpia pada masa ini telah mendunia. Tak hanya wisatawan domestik yang menyukai bakpia pathuk ini melainkan wisatawan mancanegara juga menjadikan bakpia ini sebagai panganan favorit selama berwisata di jogjakarta. Bagi anda yang ingin membeli bakpia pathuk, berikut ini ada info harga – harga bakpia untuk setiap paketnya. Yuk mari disimak dibawah ini :

Daftar harga bakpia pathuk jogja


  • 1 dus isi 15 isi kumbu kacang hijau Rp. 25.000,-
  • 1 dus isi 20 isi kumbu kacang hijau Rp. 30.000,-
  • 1 dus isi 20 isi kumbu kacang hitam Rp. 35.000,-
  • 1 dus isi 20 rasa coklat Rp. 35.000,-
  • 1 dus isi 20 rasa keju    Rp. 35.000,-
  • 1 dus isi 20 rasa durian Rp. 40.000,-

Nah, buat anda yang akan membeli bakpia dalam jumlah banyak semoga info harga bakpia di atas bisa bermanfaat untuk anda.

Yangko Jogja Oleh Oleh Khas Jogja

yangko oleh oleh khas jogja

Selain bakpia jogja juga memiliki panganan khas yang manis legit, gurih dan kenyal. panganan ini memiliki bentuk yang unik dan berisi kacang tanah yang enak dan gurih. Panganan ini memiliki warna bermacam – macam dan warna tersebut merupakan rasa dari panganan ini. Warnanyapun bagai warna pelangi. Bentuknya persegi dan dibungkus dengan kertas minyak. Kenalkah anda dengan yangko?. Ya benar sekali,  yangko merupakan oleh – oleh khas jogja. Yangko ini terbuat dari tepung ketan yang dibalut dengan gula. Sehingga membuat rasa manis pada panganan ini. Anda bisa menemukan yangko dengan mudah. Dipusat oleh – oleh jogja juga menyediakan yangko. Jika anda ingin lebih mengenal yangko, anda bisa datang ke kotagede jogjakarta. Karena yangko awal mula  dibuat dari kotagede ini. Panganan ini kenal sebagai panganan priyayi atau raja. Konon cerita panganan ini tidak sembarang orang bisa memakannya. Dan panganan ini pernah dijadikan bekal perang para pangeran karena memiliki ketahanan pangan yang cukup lama. Dulu yangko memiliki nama kiyangko karena masyarakat kotagede kesulitan untuk mengingatnya maka diubah menjadi yangko hingga sekarang. Pembuatan yangko sejak tahun 1921. Namun yangko dikenal banyak masyarakat mulai tahun 1939. Ayo bagi anda yang berkunjung ke jogja jangan ketinggalan untuk  membeli yangko sebagai buah tangan sanak saudara atau teman. Dan jangan khawatir jika anda datang ke pusat pembuatan yangko yang terletak di jl. Pramuka kotagede yogyakarta anda akan mendapatkan harga yang lebih murah. Harga produksi mulai dari Rp. 10.000 – Rp. 15.000,-. Namun, jika anda membeli yangko di pusat oleh – oleh anda akan mendapatkan harga Rp. 20.000 – Rp. 25.000,-. Bagi anda yang penasaran dengan panganan ini. Anda bisa membuatnya dirumah. Tapi, membuat yangko ini perlu ketelitian dan juga kesabaran. Berikut ini saya akan membagikan resep yangko. Disimak ya ......

Resep Cara Membuat Yangko Jogja

Bahan yang dibutuhkan

  • 500 gr tepung ketan
  • 2 sdm margarin
  • 300 ml santan
  • Garam secukupnya
  • 100 gr maizena

Bahan isi Yangko Jogja


  • 140 gr Kacang tanah
  • 140 gr gula pasir

Cara membuatnya

  1. Membuat isi terlebih dahulu dengan menumbuk kacang tanah sampai halus kasar kemudian, sangrai hingga kecoklatan kemudian masukkan gula pasir aduk rata dan tiriskan
  2. Campurkan tepung ketan dengan air lalu aduk – aduk hinga rata, selanjutnya adonan disaring dengan kain.
  3. Tuangkan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk rata sambil tuangkan santan, garam dan pewarna makanan, aduk lagi sampai rata.
  4. Siapkan cetakan loyang, lapisi dengan plastik, lalu tuangkan adonan ke dalam loyang dan kemudian kukus kurang lebih 45 menit hingga matang.
  5. Angkatlah yangko yang sudah matang dan dingikan. Jika sudah dingin potong menjadi dua bagian.
  6. Taruh isian yangko dan ratakan disalah satu yangko yang dipotong kemudian tutuplah dengan potongan satunya.
  7. Kemudian potong kecil – kecil dan gulung – gulung pada tepung maizena, bungkus yangko dengan kertas minyak.

Cukup mudah bukan. Selamat berkreasi bagi anda yang ingin mencoba resep ini.     Panganan khas jogja memang banyak digemari para wisatawan. Banyak yang memberikan apresiasi bagi panganan khas jogja ini. Bagi wisatawan mancanegara mencicipi makanan adalah sesuatu yang harus bagi mereka. Karena mereka datang ke jogja untuk menikmati keindahan dari kota jogja dan juga cita rasa semua masakan dan jajanan khas jogjakarta. Tak lengkap rasanya jika anda berkunjung ke jogjakarta hanya membeli bakpia dan kue yangko.

Geplak Oleh Oleh Khas Jogja

geplak oleh oleh khas jogja

Ada satu panganan khas kota bantul yang menjadi teman setia bakpia dan yangko. 3 jenis panganan ini selalu dibeli bersamaan jika para pengunjung membeli bakpia pathuk. Panganan ini terbuat dari parutan kelapa, tepung dan gula pasir atau gula jawa. Panganan ini dinamakan geplak. Geplak merupakan panganan yang melegenda di yogyakarta terutama didaerah bantul. Tak perlu risau jika anda ingin membeli geplak ini. Anda bisa mendapatkan di toko – toko oleh – oleh khas jogja. Geplak adalah panganan yang menggunggah selera bagia anda yang menyukai rasa manis. Bentuk nya yang bulat – bulat dan memiliki berbagai macam warna ini sangat menggoda untuk menikmati. Geplak ini memiliki beraneka macam rasa. Dari rasa vanili, strawberry, cokelat, dan durian. Geplak ini dijual perkilogram. Namun, ada juga yang sudah dikemas rapi. Kemasan geplak ini juga unik. kemasannya terbuat dari anyaman bambu yang sering disebut besek.sekarang ini kemasannyapun semakin bervariasi dan mengikuti perkembangan jaman. Ada kemasan toples dan juga plastik khusus makanan sehingga terlihat lebih bagus dan menarik. Geplak ini dijual seharga Rp. 20.000,- per kilogram, berbeda dengan harga kiloan, geplak kemasan dijual seharga Rp. 15.000 – 35.000,- tergantung berat isi. Membuat geplak tidah sulit jika kita memahami cara membuatnya. Bagi anda yang ingin mencoba saya akan berbagi sedikit info resep membuat geplak. Yuk! siapkan bahan.

Cara membuat Geplak

Bahan yang siapkan

  • 300 gr kelapa muda utuh
  • Kertas roti secukupnya
  • 450 ml air
  • Garam secukupnya
  • 450 gr gula pasir
  • Pewarna makanan ( warna bebas ) 

Cara membuat

  1. Parut kelapa muda seperti sawut. kemudian campurkan gula pasir, garam, air dan juga pewarna. aduk - aduk dan masak hingga masak / air sampai habis.
  2. Jika sudah meresap ambil dengan sendok makan. letakkan pada kertas roti dinginkan sampai kering.
  3. Jika sudah dingin geplak dapat disajikan.

wah, mudah ya. ayo bagi anda yang ingin mencoba. selamat mencoba dan selamat menikmati bersama keluarga.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment