Kuliner Istimewa Yogyakarta

Kuliner Istimewa Yogyakarta

berwisata merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi setiap orang. berwisata dapat menghilangkan kepenatan sejenak dari  rutinitas pekerjaan sehari - hari. maka dari itu sempatkanlah berwisata dalam setiap kesempatan yang ada agar tubuh kita terasa lebih fresh dan dapat bekerja kembali dengan lebih baik. berwisata tak hanya menikmati keindahan alam saja. namun, berwisata kuliner tak kalah menyenangkan. seperti saya yang tak bosan mengunjungi kota wisata yang satu ini. kota yang dikenal istimewa ini memiliki segudang  tempat wisata dan juga tempat berkuliner. kota ini juga memiliki sebutan sebagai kota gudeg.  sebut saja  YOGYAKARTA.  YOGYAKARTA adalaha kota yang memiliki sejuta keindahan dan panorama alam yang memukau. mengawali perjalanan kuliner saya. saya menelusi pusat perbelanjaan yang sangat dominan di jogja apalagi kalo bukan Malioboro. malioboro ini merupakan pusat perbelanjaan yang menjual berbagai macam oleh- oleh khas Jogjakarta mulai dari kain batik, pakaian, pernak - pernik dan masih banyak lagi yang dipasarkan dan harganyapun bervariasi tinggal pembeli yang harus pandai menawar. jika kita pandai tawar - menawar dengan pembeli pastilah kita mendapatkan harga yang paling murah dari harga yang ditawarkan. di malioboropun juga menjajakan berbagai kuliner khas dari Jogjakarta. kuliner yang yang dijual disekitar malioboro ini memiliki keunikan - keunikan  tersendiri dari kuliner - kuliner lainnya. kuliner ini tergolong sangat murah meriah harganya. dan penyajiannyapun menggunggah selera kita. berikut ini kuliner di malioboro Jogjakarta yang menarik wisatawan untuk selalu berkunjung ke kota ini.

Bakso Pangsit dan Dawet Durian Malioboro

dawet durian jogja

info kuliner pertama yang bisa kita nikmati disepanjang trotoar malioboro adalah bakso pangsit dan es dawet durian. kuliner satu ini wajib kita coba. di teriknya matahari dan lelahnya berjalan kita bisa beristirahat sembari menikmati kuliner ini. terlihat seperti biasa saja bakso pangsit dan es dawet durian ini. tapi ada yang istimewa dari kuliner ini. penyajian bakso seperti bakso - bakso lainnya namun ada tambahan sebagai pelengkap bakso pangsit ini. irisan bakso goreng yang renyah menbuat bakso pangsit ini semakin nikmat untuk disantap. begitu juga dengan minuman dawet duren. minuman yang berisikan cendol, santan dan manisnya gula merah ini didapupadankan dengan buah durian. betapa segarnya es dawet ini dinikmati di siang hari. tak heran pula jika kuliner ini diincar para wisatawan. bagaimana dengan anda?

Sate Lemak dan sate Kere

kuliner jogja sate lemak dan sate kere

Dari namanya saja sangat unik dan menarik bagi penggila kuliner. kuliner yang dijajakan disepangjang trotoar malioboro hingga benteng vredeburg ini digemari para pengunjung malioboro. dari aroma bakaranya saja sudah mengundang rasa ingin menikmati. tak pelak banyak wisatawan yang berkerumun antri demi mendapatkan kuliner yang satu ini.
sate lemak berbahan dasar dari lemak daging sapi. bumbu bawang putih dan gula merahnya membuat rasa sate lemak ini semakin nikmat. harga sate lemak ini cukup murah hanya dengan Rp. 2000,- saja kita bisa mendapatkan satu tusuk sate lemak ini. tak mau kalah dengan sate lemak. sate kerepun ikut beraksi dalam ramainya pengunjung malioboro. sate yang terbuat dari daging dan jerohan ayam ini juga diminati banyak pecinta kuliner. sambil bersantai di area parkir benteng vredeburg. kita bisa memesan sate kere ini. hanya dengan kocek  Rp. 5000,- kita mendapatkan 1 porsi sate kere yang disajikan dengan sambal kacang dan potongan lontong yg berukuran kecil. tak heran banyak antrian pembeli dipenjual sate kere itu. selain murah meriah satu porsi sate ini juga mengenyangkan. penjual sate - sate ini berjualan dari pagi hingga sore hari.   masih banyak lagi yang perlu kita coba kuliner di area maliboro ini dan jangan sampai ketinggalan untuk mencicipinya.

Kudapan Pecel Pincuk Bringharjo

makanan khas jogja pecel pincuk bringharjo

Jika ingat jogja pasti tak lupa dengan kuliner satu ini. PECEL PINCUK BRINGHARJO, kudapan sayuran yang telah direbus menjadi kuliner yang favorit bagi pengunjung malioboro dan pasar bringharjo. sayuran yang terdiri dari bayam, daun singkong, kacang panjang dan juga kol ini menjadi serbuan pembeli. lokasinyapun cukup unik. para penjual pecel pincuk bringharjo ini berjajar rapi di sepanjang trotoar depan pintu gerbang pasar bringharjo. meskipun tempatnya sempit pembelinya tetap selalu ramai. mereka rela mengantri dan berdesak - desakan untuk dapat menikmati kuliner ini. selain pecel pincuk penjual juga menyediakan berbagai lauk - pauk seperti bakmi, tahu tempe bacem, sate telur puyuh dan bermacam - macam gorengan. satu pincuk pecel seharga Rp. 7000,- . untuk harga lauk - pauknya berkisar Rp. 1500 , -  Rp. 3500,- . kita bisa memesan menu sesuka hati kita. jadi tak perlu risau jika ada salah satu bahan yang anda tidak suka.  penjual pecel pincuk ini buka setiap pagi hingga sore hari. 

Nasi Puyuh Goreng Lesehan

nasi puyuh goreng

malioboro memiliki satu menu makanan yang sering juga dikunjungi. sembari menikmati ramainya malioboro kita bisa bersantap  dan beristirahat sejenak dari lelahnya berjalan menyusuri pusat belanja terbesar dijogja. disepanjang jalan malioboro di waktu malam hari berjajar ramai penjual makanan lesehan. menu lesehan yang paling istimewa adalah nasi puyuh goreng dengan sambal mentah khas Jogjakarta. rasa masakan satu ini sangat khas dilindah. cara memasak puyuhnya jg sangat menarik. puyuh direbus dengan bumpu rempah yang khas. bumbu dari puyuh ini dinamakan bumbu ungkep. setelah diungkep dengan bumbu rempah kemudian  puyuh digoreng saat menghidangkan pada pembeli. dan ternyata, rasa bumbunya sangat terasa sampai kedalam daging puyuh. maka dari itu tak salah jika kita memilih menu yang satu ini sebagai santapan dimalam hari. 1 porsi nasi puyuh goreng dengan sambal dan lalapan kurang lebih Rp. 20.000,- . sambil menikmati makan malam kita juga bisa menikmati alunan lagu dari para pengamen yang bergantian menyususri setiap lesehan disepanjang trotoar malioboro. lesehan ini buka dari sore hari hingga tengah malam. bagi anda yang suka traveling kuliner jangan sampai lupa untuk mampir ke tempat makan lesehan ini. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment