Makanan Khas Kalimantan

Makanan Khas Kalimantan

Kalimantan merupakan daerah penghasil minyak bumi dan karet serta Kalimantan ini juga memiliki banyak destinasi wisata seperti pasar terapung, Jembatan Barito, Pulau Kembang, makam batu dan masih banyak lagi . Selain penghasil bahan alam dan keanekaragaman destinasi wisata yang di miliki,Kalimantan juga memiliki kuliner yang unik dan menarik yang bakal bikin kalian pecinta kuliner merasa ketagihan jika sudah mencicipi makanan khas kalimantan ini.
 Bagi kalian yang suka perpetualang menjajaki tempat-tempat wisata, kalian harus coba deh singgah dikalimantan dan mencoba merasakan nuansa baru dengan menikmati makanan khas yang di miliki Kalimantan.
Agar kalian tidak penasaran, akan saya sebutkan makanan Khas dari Kalimantan ini yang wajib kalian rasakan sensasi nikmatnya yang gak bakal bisa kalian lupakan. Yuk intip daftar makanan khas Kalimantan yang jadi favorit wisatawan lokal.

Ketupat Kandangan

ketupat kandangan khas kalimantan

Dari namanya kalian pasti bisa menebak kalau makanan khas dari Kalimantan yang satu ini berbahan baku ketupat, yaps bener banget guys.  Pada umumnya ketupat disajikan dengan opor ayam, tetapi dikalimantan Ketupat Kandangan ini disajikan dengan kuah yang keruh sama halnya dengan opor ayam, karena kuahnya dibuat dari santan agar rasanya lebih nikmat dan gurih. Yang membuat beda adalah lauknya yaitu berbahan baku ikan tongkol. Meskipun terlihat sederhana, tapi jangan salah pasti kalian akan merasa ketagihan jika sudah mencobanya. Kalian bisa buktikan sendiri betapa nikmatnya makanan yang satu ini

Manday


Pasti kalian bertanya-tanya makanan apa sih manday itu, serasa aneh pasti dalam bayangan kalian. Tenang saja disini saya akan menjelaskan apa yang jadi pertanyaan kalian. Manday adalah makanan khas kalimantan selatan yang terbuat dari kulit cempedak atau kalau orang kalimantan selatan menyebutnya dengan nama tiwadak yang diawetkan dalam waktu yang cukup lama.
Proses pengawetan cempedakpun sangat  sederhana yaitu dicampur dengan garam, kemudian didiamkan dalam tempat yang tertutup rapat. Untuk waktu  pengawetan tergantung selera masing-masing, makin lama waktu pengawetan makin asam rasanya, tentunya semakin enak rasa yang dihasilkannya.
Makanan khas kalimantan ini, pada umumnya dimasak dengan cara digoreng, meskipun ada pula yang memasaknya dengan cara digulai atau dibakar. Bumbu pelengkap yang digunakan adalah rempah-rempah yang akan membuat rasa cempedak menjadi semakin nikmat. Kalian Bisa menemukan makanan ini dengan mudah di berbagai tempat makan di Kalimantan

Patin Baubar

patin baubar masakan khas kalimantan

Patin Baubar merupakan makanan khas dari Kalimantan. Patin Baubar ialah olahan dari ikan patin yang di pepes dan dibumbui dengan berbagai rempah-rempah yang selanjutnya  dimasak dengan cara dibakar dan ditungku bara api sampai rempah-rempah tersebut meresap ke dalam ikan patin tersebut. Cara masak inilah yang membuat makanan khas Kalimantan ini jadi lebih nikmat dan lezat.
Patin Baubar ini sangat cocok dinikmati dengan dengan nasi putih yang hangat dan pulen. Kalian akan dapat dengan mudah mendapatkan ikan patin diKalimantan karena di setiap sungai-sungai kalimantan Selatan. Bahkan warga Kalimantan selatan sengaja membudidayakan ikan patin karena mereka sering mengolah ikan patin dengan cara dipepes ataupun dibakar.

Gangan Asam Banjar

Gangan Asam Patin masakan khas kalimantan

Kali ini adalah makanan khas banjar yang disebut dengan nama Gangan Asam Banjar. Gangan Asam Banjar ialah salah satu sayur yang berbahan baku ikan gabus, atau bisa juga diganti dengan ikan patin yang banyak terdapat di sungai-sungai Kalimantan Selatan.
Makanan khas Kalimanatan yang dinamakan Gangan Asem Banjar ini hampir mirip dengan sayur asem jawa yang biasanya kita makan, tetapi yang menjadi pembeda adalah Gangan Asem Banjar ini terbuat dari ikan bukan dari sayur yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Gangan Asam Banjar sangat nikmat jika dipadukan dengan nasi putih hangat dan pulen. So, jangan sia-siakan kesempatan jika kalian sedang berkunjung ke Kalimantan untuk menikmati Gangan asem banjar, dijamin ketagihan.

Soto Banjar

soto Banjar makanan khas kalimantan

Selanjutnya adalah Soto Banjar, Soto Banjar merupakan makanan khas Kalimantan Selatan yang tak kalah lezatnya dari makanan khas Kalimantan yang sudah kami sebutkan. Apalagi soto Banjar ini merupakan makanan Khas yang paling terkenal dan menjadi favorit para pecinta kuliner yang singgah di Kalimantan, bagaimana tidak pada faktanya sebagian besar Rumah Makan dan Restoran yang ada di Indonesia menggunakan soto Banjar menjadi salah satu menu spesialnya.
Makanan Khas Kalimantan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya di Indonesia, mungkin hanya berbeda pada kuahnya yang lebih bening. Namun ada juga soto khas Banjar yang yang kuahnya agak keruh. Keunikan soto yang satu ini terletak pada cara penyajiannya yaitu disajikan dengan ketupat, dan akan lebih nikmat jika disantap dengan sate.

Gangan Humbut

gangan humbut makanan khas kalimantan

Kalau tadi ada Gangan Asam Banjar, sekarang ada lagi makanan khas Kalimantan yang tak kalah nikmatnya dengan Gangan asam Banjar yaitu Gangan Humbut. Gangan Humbut ini memiliki citra rasa sedikit manis namun rasa manis yang disuguhkan dapat menggugah selera makan anda dan biasanya gangan Humbut ini di santap dengan sepiring nasi hangat. Wah bikin ngiler aja ya guys menu makanan yang satu ini.
Humbut sendiri berasal dari bagian inti pohon kelapa atau disebut dengan nyiur yang kemudian  diolah menjadi sayur, menu makanan ini menjadi menu wajib diacara hajatan seperti pernikanan, Khitanan, Syukuran dan acara besar lainnya yang selalu melengkapi hidangan makanan yang disajikan oleh warga Kalimantan.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment