Makanan Khas Jawa Timur Paling Enak

Makanan Khas Jawa Timur Yang Enak


Indonesia dijuluki sebagai syurga duniawi oleh mereka yang terpesona oleh keindahan alamnya. Tak hanya kekayaan alam dan budaya yang menciptakan decak kagum, berbagai masakan dengan rempah-rempah khas mampu menciptakan memory yang tak kan hilang bagi lidah kuliner. Seperti masakan yang ada pada salah satu pulau di Indonesia yang sangat terkenal dengan bahasanya yang unik serta beragam, serta orang-orangnya yang ramah. Pulau yang memiliki beragam masakan dengan cita rasa yang tak kalah menarik untuk di perbincangkan lidah kuliner itu adalah masakan khas jawa timur. Mulai dari yang bercita rasa manis, gurih, pedas dan lain sebagainya ada di pulau jawa timur.
Masakan-masakan yang tentunya sudah bukan asing lagi di telinga lidah kuliner. Masakan dengan bumbu-bumbu sederhana namun mampu memberikan efek yang luar biasa di lidah kuliner. Masakan yang selalu menjadi incaran dan buruan lidah kuliner karena memiliki keunikan serta aroma yang khas pada tiap-tiap masakanya. Diolah menggunakan bahan dan rempah-rempah pilihan serta bumbu rahasia para koki jawa timur agar dapat memikat hati lidah kuliner saat mencicipi masakan yang terbaik yang disajikan  untuk lidah kuliner. Terkadang masakan yang diolah dengan bumbu dan rempah-rempah yang lengkap namun masih akan terasa ada yang kurang adalah karena mereka memasak tanpa adanya bumbu rahasia koki-koki ternama. Dan bumbu rahasianya adalah cinta, yang tanpanya masakan yang tersaji pun akan terasa hambar. Selengkap apapun bumbu dan bahan yang digunakan dan sepandai apapun koki memasak bila tanpa cinta dan ketulusan saat memasak semua akan sia-sia dan hambar. Seperti itulah, masakan akan di kata sempurna apabila memiliki penampilan serta cita rasa yang kuat.
Beberapa rekomendasi makanan untuk para lidah kuliner yang dapat dijadikan referensi saat berkunjung di jawa timur. Makanan dengan beragam rasa yang unik bisa lidah kuliner cicipi dan jadikan pilihan untuk menggoyangkan lidah kuliner adalah :

Bothok

masakan khas jawa timur bothok

Bothok merupakan masakan yang berbahan dasar dari ampas kelapa yang telah diparut dan di ambil air santanya. Namun tak jarang pula yang memasak bothok dengan menggunakan parutan kelapa yang masih bersantan. Karena bothok dengan parutan kelapa yang masih bersantan akan menciptakan cita rasa tersendiri dan tentunya lebih gurih serta ada manis-manisnya saat bothok ada di lidah kuliner. Dengan bumbu-bumbu seperti bawah merah, bawang putih, cabai, kencur, kunyit, ketumbar, yang kemudian di hulek sampai halus dan ditambahkan pula daun jeruk akan menambah aroma bothok semakin harum. Yang setelah itu dimasukan parutan kelapa muda dan sedikit di tekan dengan hulek-hulek agar semua bumbu meresap dan tercampur rata. Kemudian bothok di beri campuran seperti tempe, tahu, petai cina dan irisan cabai merah yang di iris serong  kemudian di bungkus dengan daun pisang, di tusuk dengan lidi dan kemudian di kukus. Bothok akan semakin istimewa bila cara memasaknya menggunakan kayu bakar, seperti beberapa koki jawa yang masih terus mempertahankanya sebagai tradisi. Biasanya bothok akan lebih nikmat bila di sajikan dengan sayur menir dan nikmati sebagai lauk pelengkap saat lidah kuliner makan.

Soto Lamongan

Masakan Khas Jawa Timur Soto Lamongan

Soto lamongan adalah salah satu makanan khas jawa timur juga yang berasal dari Jawa Timur juga yaitu Lamongan. Warnanya yang kekuning-kuningan serta aroma yang yang sangat khas membuat lidah kuliner terus berdecak. Dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, merica yang di goreng kemudian setelah itu di hulek dan ditambahkan bumbu penyedap seperti garam, gula dan penyedap rasa dan kemudian ditumis bersama serai, menghasilkan aroma yang luar biasa unik.
Tidak lupa kuah santan dan di sajikan bersama taburan bawang goreng, daun bawah, toge, irisan daging ayam, serta perasan jeruk nipis, membuat soto lamongan ini menjadi incaran lidah kuliner. Saat ini soto lamongan tidak hanya ada di kota Lamongan saja. Soto lamongan ini sudah bisa ditemui di warung-warung pinggiran jalan besar di kota-kota lainya di Jawa Timur. Makanan yang satu ini sangat sedap bila di nikmati ketika masih panas. Makanan yang mempunyai rasa khas serta mampu membuat lidah kuliner serasa bergoyang ketika mencicipi masakan yang satu ini.

Rawon

masakan khas jawa timur rawon

Masakan yang identik dengan warna hitam pekatnya ini dikenal sebagai masakan khas jawa timur. Masakan dengan kuah hitam ini merupakan hasil dari campuran rempah-rempah kluwek serta bumbu-bumbu yang lain seperti bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas, ketumbar, serai, kunyit, kluwek, garam, dan gula sebagai penguat rasa dari masakan. Semua bahan ini dihaluskan kemudia di ditumis sampai harum. Yang kemudian di tambahkan kaldu rebusan daging, bersama dagingnya yang telah di iris kecil-kecil. Rawon di sajikan bersama dengan nasi, di lengkapi dengan tauge, dan kerupuk. Rasanya yang menggelegar memberikan fantasi yang cukup istimewa. Pedas namun juga manis membuat masakan ini cukup digemari oleh lidah kuliner. Dan menjadi salah satu masakan yang menjadi menu untuk koki-koki di Jawa Timur.

Gado-gado

masakan khas jawa timur gado gado

 Masakan khas jawa timur berikutnya tentunya sudah tidak asing lagi bagi lidah kuliner. Masakan yang terkenal sehat dengan bumbu kacang dan sayuranya ini sudah sering di jumpai di rumah makan bahkan di pinggir-pinggir jalan raya oleh pedagang kecil. Gado-gado merupakan masakan yang berbahan dasar sayuran seperti kolbis, wortel, kentang, yang direbus dan kemudian di siram dengan bumbu kacang dan ditambahkan irisan tempe dan tahu goreng serta emping goreng atau juga kerupuk da di taburi bawang goreng. Layaknya salad, gado-gado bisa dinikmati begitu saja atau juga bisa bersamaan dengan lontong.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment