5 Kuliner Makassar Paling Top

TOP 5 KULINER MAKASSAR

5 Kuliner Makassar Paling Top

Tau kan kota Makassar? Yups, bener banget Kota Makassar merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Makassar merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Indonesia Timur dan pada masa lalu pernah menjadi ibukota Negara Indonesia Timur dan Provinsi Sulawesi. Makassar merupakan kota yang multi etnis penduduk. Makassar kebanyakan dari suku Makassar dan suku Bugis, sisanya berasal dari Toraja, Mandar, Buton, Tionghoa, Jawa dan sebagainya. Ada pula beberapa keunikan yang di miliki makassar antara lain adalah alat transportasinya, seperti halnya Pete-pete yang merupakan sebutan angkotan di Makassar dan sekitarnya, ada juga Bentor becak yang dibelakangnya adalah motor. Selain itu makassar juga memiliki ikon wista yang tak kalah popularnya dari kota makassar adalah destinasi wisata dan juga beragam kuliner yang sangat lezat dan pastinya akan membuat kalian ingin segera mencobnya. Penasaran? Yuk cek it out

Sop Saudara Jalan Irian

Yang pertama kuliner makassar adalah Menu Sop Saudara, Menu ini  merupakan varian masakan khas Makassar yang dipadukan dengan daging sapi yang berkuah lalu dicampur dengan bihun dan adonan kentang yang sudah digoreng.
di Makassar ada beberapa warung Sop Saudara yang terkenal, seperti halnya  warung Sop Saudara di Jalan Andalas dan warung Sop Saudara di Jalan Irian. Kedua warung Sop Saudara ini pemiliknya masih ada hubungan keluarga so untuk citarasa yang disajikan pun tergolong sama. Yang membedakan hanya warung Sop Saudara Jalan Irian buka 24 jam dan lokasinya berada tidak jauh dari Pasar Sentral Makassar.
Semangkuk Sop Saudara di Jalan Irian memiliki harga yang sangat terjankau yaitu seharga Rp 15.000 dicampur nasi putih seharga Rp 3.000. Lebih mantap  lagi bila dipadukan dengan telor bebek masak seharga Rp 4.000.

Pallubasa Serigala dan Pallubasa Onta

Pasti kalian bertanya-tanya apa itu Menu Pallubasa, makanan ini merupakan sup daging sapi yang kuahnya dicampur dengan kelapa goreng. Di Makassar sendiri ada dua tempat makan Pallubasa, yakni warung Pallubasa di jalan Serigala dan di jalan Onta. Kedua warung ini lokasinya pun berdekatan. Umumnya nama jalan tempat warung tersebut berlokasi dijadikan merek warung di Makassar. Kalian disini jug bebas memilih daging yang digunakan sup ya guys misalnya  saja memilih menu  daging pipi atau lidah sapi. Atau, bisa juga memilih menu yang  full daging sapi saja. Bisa juga dicampur dengan telur ayam kampung untuk menambah kenikmatan Palubassa ini .

Semangkuk Pallubasa seharga Rp 15.000, belum termasuk harga nasi putih dan minuman penyertanya. Jika kondisi warung sedang ramai-ramainya, para penggemarnya tidak segan antre di luar warung menunggu pengunjung lainnya selesai makan.

Coto Makassar Jalan Nusantara

Yang tak kalah popularnya adalah Coto Makassar, sampai-sampai warung coto Makassar mencapai ratusan warung di Makassar. Namun hanya ada beberapa warung coto yang patut dikunjungi oleh penggemar wisata kuliner jika sedang berada di Makassar. Coto Makassar di Jalan Nusantara atau umumnya disebut Coto Nusantara, berlokasi di Jalan Nusantara, persis di depan Terminal Peti Kemas, Pelabuhan Makassar. Ada juga warung coto milik Haji Tutu ini juga buka di Jalan Merpati, tepatnya di belakang Bank Sulsel di Jalan Ratulangi, Makassar.
Coto Makassar di Jalan Nusantara ini memang  warungnya tidak seluas di Jalan Merpati. Namun, suasana yang ramai dan sempit ini menambah sensasi  yang menarik untuk menikmati semangkuk coto panas yang baru dimasak di kuali dengan kayu bakar ini. Semangkuk Coto Nusantara dibandrol seharga Rp 15.000 yang berisikan daging-daging sapi pilihan sehingga kwalitas rasa tak perlu diragukan lagi. Sedangkan untuk Ketupat atau burasnya seharga Rp 1.000 perbijinya. Memang ketupat ataupun buras ini sangat cocok dijadikan pendamping coto


Mie Titi

Kuliner di Makassar tidak hanya olahan dari daging-dagingan saja yang popular, Namun ada juga menu Mie Titi, mi kering khas Chinese Food yang tak kalah sensasionalnya dikota Makassar.
Mie Titi sendiri  dibuat dari bahan baku mi yang digoreng kering,  yang kemudian disiram kuah kental dari adonan telur dan sayur-sayuran hijau. Selain itu, udang dan juga irisan  daging ayampun melengkapi menu mi kering yang sudah terkenal di Makassar sejak 37 tahun silam ini.
Bagi pecinta makanan pedas, Mie Titi sangat cocok bila dicampur  dengan saus sambal dan cabe rawit yang sudah diramu khusus yang akan memenuhi selera pedasmu. Untuk menikmati hidangan Mie Titi cukup dengan Rp 18 ribu saja so tak perlu khawatir tentang harga ya guys.
Mie Titi merupakan resep warisan keluarga besar Kho Sek Cao, yang dirintis Rusmin Kohen sejak 40 tahun silam. Jika berminat mencicipi Mie Titi, kalian bisa langsung mengunjungi rumah makannya di Makassar, yakni di jalan Irian, Jalan Boulevard, Jalan Datumuseng, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Bumi Tamalanrea Permai

Sop Konro & Konro Bakar Karebosi

Sop Konro merupakan olahan dari daging sapi pilihan yang dicampur kuah sup, sedangkan Konro Bakar merupakan daging iga sapi pilihan yang dipanggang dan dipadukan dengan bumbu kacang racikan khas Makassar. Sedangkan untuk nama Karebosi diambil dari nama Alun-alun Kota Makassar, yang dulunya merupakan tempat pertama Warung Sop Konro ini berdiri. Untuk tempatnya Terletak di Jalan Gunung Lompobattang, di belakang Gedung Bank Indonesia. Kini Warung Sop Konro milik Haji Hanafi ini harus bergeser tidak jauh dari Lapangan Karebosi.  Untuk harga yang dibandrol reltif murah karena  satu porsi Konro Bakar, kita hanya perlu membayar sebanyak Rp 38. 000,-, belum termasuk nasi putihnya ya guys. Sedangkan untuk menu Sop Konro atau Sop Kikil hanya Rp 35. 000,-  per porsinya. Silahkan datang ke alamat yang tertera jika kalian sedang berada dimakassar biar tidak penasaran lagi akan kenikmatan yang tiwarkan oleh menu makanan yang satu ini.



Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment